JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

SEKOLAH PASAR DAN CARA BERPERILAKU PEDAGANG PASAR TRADISIONAL KRANGGAN KOTA JOGJAKARTA

SEKOLAH PASAR DAN CARA BERPERILAKU PEDAGANG PASAR TRADISIONAL KRANGGAN KOTA JOGJAKARTA
Volume 7 - No 1
Tahun Publikasi: Maret 2017
Melisa Wahyu Fandyan Sari
Download Artikel

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara berperilaku pedagang pasar Kranggan yang telah mendapat ilmu di Sekolah Pasar. Penelitian dilakukan di Pasar Kranggan Kota Yogyakarta dan informan (IP) adalah pedagang yang sekaligus peserta Sekolah Pasar dan metode yang digunakan adalah fenomenologi. Hasil penelitian adalah, baik IP1, IP2, IP3 dan IP4 mendapat pengalaman dan pengetahuan baru. Namun secara umum, materi-materi Sekolah Pasar lebih efektif diaplikasikan atau diserap oleh pedagang yang belum mempunyai latar belakang pendidikan atau bagi pedagang yang tidak pernah bersekolah atau mengikuti pendidikan formal

Keyword

Sekolah Pasar, Perilaku, Pedagang