Dalam
proses pembelajaran matematika kelas V SDN Tegalbangsri 02, kegiatan pembelajaran di kelas menggunakan
metode ceramah. Penggunaan metode ceramah tersebut menyebabkan siswa pasif
hanya mencatat dan mendengarkan penjelasan dari guru, Selain itu guru juga
tidak pernah menggunakan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran
matematika sehingga pembelajaran terasa monoton dan membosankan. Siswa juga
tidak antusia dan malas dalam mengikuti
proses pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar yang kurang maksimal.
Pemaparan permasalahan di atas membutuhkan suatu penyelesaian yang tepat yang
perlu direncanakan dengan matang dan dikaji dengan seksama sehingga dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif penyelesaikan
permasalahan tersebut adalah dengan penerapan
metode demonstrasi berbantuan kertas karton. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi berbantuan kertas
karton yang dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar matematika
pada siswa kelas V SDN Tegalbangsri 02.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian
dilakukan dalam silus dimana tiap siklus mempunyai empat tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN
Tegalbangsri 02 tahun pelajaran 2014 –
2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata – rata aktivitas siswa
meningkat dari kategori cukup aktif menjadi kategori aktif. Rata-rata hasil
belajar siswa pada materi bangun juga mengalami peningkatan sebesar 9,71%
Keyword
Metode Demonstrasi, Kertas Karton, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar