JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Dalam proses pembelajaran matematika kelas V SDN Tegalbangsri 02,  kegiatan pembelajaran di kelas menggunakan metode ceramah. Penggunaan metode ceramah tersebut menyebabkan siswa pasif hanya mencatat dan mendengarkan penjelasan dari guru, Selain itu guru juga tidak pernah menggunakan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran matematika sehingga pembelajaran terasa monoton dan membosankan. Siswa juga tidak antusia dan malas  dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar yang kurang maksimal. Pemaparan permasalahan di atas membutuhkan suatu penyelesaian yang tepat yang perlu direncanakan dengan matang dan dikaji dengan seksama sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif penyelesaikan permasalahan tersebut adalah dengan penerapan  metode demonstrasi berbantuan kertas karton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi berbantuan kertas karton yang dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN Tegalbangsri 02. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam silus dimana tiap siklus mempunyai empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.  Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Tegalbangsri 02 tahun pelajaran 2014 – 2015. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata – rata aktivitas siswa meningkat dari kategori cukup aktif menjadi kategori aktif. Rata-rata hasil belajar siswa pada materi bangun juga mengalami peningkatan sebesar 9,71%

Keyword

Metode Demonstrasi, Kertas Karton, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak