JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Pentingnya kreativitas dalam kehidupan seseorang perlu dikembangkan. Jika pembelajaran berbasis masalah diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar maka siswa dapat berlatih keterampilan berpikir, keterampilan pemecahan masalah yang bermakna  dan berkualitas sehingga kreativitas siswa dapat muncul dan berkembang. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) penggunaan pendekatan pembelajaran berbasis masalah, (2) peningkatan Kreativitas siswa. Tujuan yang akan dicapai dalam tindakan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan  pendekatan pembelajaran berbasis masalah, (2) mendeskripsikan kreativitas siswa dalam menyelesaikan permasalahan  yang dihadapai dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelasVIII-A SMPN 2 Padang kabupaten Lumajang yang berjumlah 32 siswa. Variabel penelitian ini ada dua macam, yaitu variabel  penggunaan pendekatan pembelajaran berbasis masalah, dan variabel peningkatan kreativitas siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui perhitungan dari masing-masing siklus kemudian dibandingkan antara hasil siklus I dengan hasil siklus II. Hasil ini akan memberikan gambaran mengenai persentase peningkatan kemampuan siswa. Teknik non-tes yang digunakan berupa lembar observasi yang digunakan untuk mengumpulkan data berkaitan kreativitas siswa dalam penelitian. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran berbasis masalah pokok bahasan persamaan garis lurus yang telah dilaksanakan di kelas VIII-A SMPN 2 Padang dapat meningkatkan kreativitas siswa. Hal ini dapat terlihat dari skor rata-rata dari rata-rata skor kreativitas siswa dari siklus I adalah 2,09 sedangkan pada siklus II adalah 2,85. Saran dari peneliti adalah guru perlu menerapkan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan krativitas siswa, kerja sama siswa, kemampuan siswa dalam memecahkan masalah  dan  juga  membuat  suasana  pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Keyword

Kreativitas Siswa, Pembelajaran Berbasis Masalah
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak