Pentingnya
kreativitas dalam kehidupan seseorang perlu dikembangkan. Jika pembelajaran
berbasis masalah diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar maka siswa dapat
berlatih keterampilan berpikir, keterampilan pemecahan masalah yang bermakna dan berkualitas sehingga kreativitas siswa
dapat muncul dan berkembang.Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) penggunaan pendekatan
pembelajaran berbasis masalah, (2) peningkatan
Kreativitas siswa. Tujuan yang akan dicapai dalam
tindakan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pendekatan pembelajaran berbasis masalah, (2) mendeskripsikan kreativitas siswa dalam
menyelesaikan permasalahan yang
dihadapai dalam proses pembelajaran.Subjek penelitian ini adalah siswa kelasVIII-A
SMPN 2 Padang kabupaten Lumajang yang berjumlah 32 siswa. Variabel penelitian
ini ada dua macam, yaitu variabel
penggunaan pendekatan pembelajaran berbasis masalah, dan variabel peningkatan kreativitas siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah
penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan
data, yaitu teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui
perhitungan dari masing-masing siklus kemudian dibandingkan antara hasil siklus
I dengan hasil siklus II. Hasil ini akan memberikan gambaran mengenai
persentase peningkatan kemampuan siswa. Teknik non-tes yang digunakan berupa lembar observasi yang digunakan untuk
mengumpulkan data berkaitan kreativitas siswa dalam penelitian.Simpulan
dalam penelitian ini adalah penerapan pembelajaran berbasis masalah pokok
bahasan persamaan garis lurus yang telah dilaksanakan di kelas VIII-A SMPN 2
Padang dapat meningkatkan kreativitas siswa. Hal ini dapat terlihat dari skor
rata-rata dari rata-rata skor kreativitas siswa dari siklus I adalah 2,09
sedangkan pada siklus II adalah 2,85. Saran dari peneliti adalah guru perlu
menerapkan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan krativitas siswa,
kerja sama siswa, kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dan
juga membuat suasana
pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.