JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Selama ini siswa menganggap bahwa PKn merupakan mata pelajaran yang biasa, karena tidak termasuk dalam mata pelajaran yang dijadikan materi ujian nasional (UN). Sehingga dengan adanya anggapan tersebut membuat siswa kurang termotivasi untuk belajar secara maksimal demi terwujudnya prestasi mereka. Penerapan strategi gabungan ceramah dan simulasi dalam penelitian ini, diharapkan dapat memperoleh manfaat positif dalam upaya meningkatkan pretasi belajar siswa. Tujuan yang akan dicapai dalam tindakan penelitian kelas ini adalah: (1) Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Pkn setelah diterapkan pembelajaran dengan strategi gabungan Ceramah dan Simulasi. (2) Mendeskripsikan pengaruh pembelajaran kontekstual strategi pembelajaran gabungan ceramah dan simulasi dalam meningkatkan prestasi dan motivasi belajar terhadap materi pelajaran Pkn. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-DSMPN 1 Kedungjajang kabupaten Lumajang tahun 2011/2012. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian, prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa kelas VII-D SMPN 1 Kedungjajang lebih meningkat setelah menggunakan model pembelajaran gabungan ceramah dan simulasi. Rata-rata skor pada siklus I menunjukan peningkatan dibandingkan dengan rata-rata skor pada pra-siklus sebesar 55,20 menjadi 62. Rata-rata skor yang dicapai pada siklus II sebesar 75,20 dan hal ini menunjukan adanya peningkatan sebesar 6,8% dari pra-siklus ke siklus I. Pada siklus I ke siklus II meningkat lagi sebesar 4,8%. Perubahan perilaku siswa yang tampak setelah pembelajaran PKn dengan menggunakan strategi gabungan ceramah dan simulasi, nampak adanya perubahan positif. Perubahan tersebut, yaitu: siswa merasa lebih senang dan tertarik dengan pembelajaran PKn, sebagian besar siswa lebih termotivasi dan menjadi lebih aktif mengikuti kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian penulis menyarankan pada guru mata pelajaran lain hendaknya menggunakan berbagai metode dan pendekatan dalam proses pembelajaran, agar siswa lebih termotivasi dan tidak merasa bosan dengan digunakannya metode ceramah selama ini. Siswa hendaknya memiliki motivasi yang tinggi dan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas, agar kemampuan dan prestasinya lebih meningkat.

Keyword

Prestasi Belajar PKn, Strategi Gabungan, Ceramah, Simulasi
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak