Selama
ini siswa menganggap bahwa PKn merupakan mata pelajaran yang biasa, karena
tidak termasuk dalam mata pelajaran yang dijadikan materi ujian nasional (UN).
Sehingga dengan adanya anggapan tersebut membuat siswa kurang termotivasi untuk
belajar secara maksimal demi terwujudnya prestasi mereka. Penerapan strategi
gabungan ceramah dan simulasi dalam penelitian ini, diharapkan dapat memperoleh
manfaat positif dalam upaya meningkatkan pretasi belajar siswa.Tujuan
yang akan dicapai dalam tindakan penelitian kelas ini adalah: (1)
Mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Pkn setelah
diterapkan pembelajaran dengan strategi gabungan Ceramah dan Simulasi. (2)
Mendeskripsikan pengaruh pembelajaran kontekstual strategi pembelajaran
gabungan ceramah dan simulasi dalam meningkatkan prestasi dan motivasi belajar
terhadap materi pelajaran Pkn.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
VII-DSMPN 1 Kedungjajang kabupaten Lumajang tahun 2011/2012. Metode yang
digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan
melalui dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian, prestasi belajar mata
pelajaran PKn siswa kelas VII-D SMPN 1 Kedungjajang lebih meningkat setelah
menggunakan model pembelajaran gabungan ceramah dan simulasi. Rata-rata skor pada
siklus I menunjukan peningkatan dibandingkan dengan rata-rata skor pada
pra-siklus sebesar 55,20 menjadi 62. Rata-rata skor yang dicapai pada siklus II
sebesar 75,20 dan hal ini menunjukan adanya peningkatan sebesar 6,8% dari
pra-siklus ke siklus I. Pada siklus I ke siklus II meningkat lagi sebesar 4,8%.
Perubahan perilaku siswa yang tampak setelah pembelajaran PKn dengan
menggunakan strategi gabungan ceramah dan simulasi, nampak adanya perubahan
positif. Perubahan tersebut, yaitu: siswa merasa lebih senang dan tertarik
dengan pembelajaran PKn, sebagian besar siswa lebih termotivasi dan menjadi
lebih aktif mengikuti kegiatan pembelajaran.Berdasarkan hasil
penelitian penulis menyarankan pada guru mata pelajaran lain hendaknya
menggunakan berbagai metode dan pendekatan dalam proses pembelajaran, agar
siswa lebih termotivasi dan tidak merasa bosan dengan digunakannya metode
ceramah selama ini. Siswa hendaknya memiliki motivasi yang tinggi dan lebih
aktif dalam mengikuti pembelajaran di kelas, agar kemampuan dan prestasinya
lebih meningkat.
Keyword
Prestasi Belajar PKn, Strategi Gabungan, Ceramah, Simulasi