JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Pembelajaran kooperatif secara sadar menciptakan interaksi antar siswa yang dapat membantu siswa memperoleh pemahaman yang lebih baik sehingga sumber belajar bagi siswa bukan hanya guru dan buku ajar tetapi juga sesama siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas IX A SMPN 1 Rowokangkung, (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS pada materi kerjasama internasional siswa kelas IX A SMPN 1 Rowokangkung dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMPN 1 Rowokangkung Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan, dari siklus I diperoleh rata-rata persentase aktivitas think sebesar 74%, pair sebesar 79%, dan share sebesar 78%.  Pada siklus II didapatkan rata-rata persentase aktivitas think sebesar 89%, pair sebesar 92%, dan share sebesar 90%. Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (67%), siklus II (87%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatis Think Pair Share dapat berpengaruh positif terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS materi Kerjasama Internasional Siswa Kelas IX A  SMPN 1 Rowokangkung.

Keyword

Aktivitas Siswa, Hasil Belajar , Think-Pair-Share
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak