Pembelajaran
kooperatif secara sadar menciptakan interaksi antar siswa yang dapat membantu
siswa memperoleh pemahaman yang lebih baik sehingga sumber belajar bagi siswa
bukan hanya guru dan buku ajar tetapi juga sesama siswa. Tujuan dari penelitian
ini adalah: (1) untuk mengetahui
peningkatanaktivitas belajar siswadengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas IX A SMPN 1 Rowokangkung, (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS
pada materi kerjasama internasional siswa kelas IX A SMPN 1 Rowokangkungdengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Penelitian
ini menggunakan penelitian tindakan (action
research) sebanyak dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri
dari 3 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasidan refleksi. Sasaran
penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMPN 1 RowokangkungSemester Genap Tahun Ajaran 2014/2015. Data yang diperoleh
berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.Dari hasil analisis
didapatkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan, dari siklus I diperoleh
rata-rata persentase aktivitas think
sebesar 74%, pair sebesar 79%, dan share sebesar 78%. Pada siklus II didapatkan rata-rata persentase aktivitas think sebesar 89%, pair sebesar 92%, dan sharesebesar 90%. Ketuntasan hasil belajar siswa
mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (67%), siklus II (87%). Kesimpulan dari
penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatis Think Pair Share dapat berpengaruh positif terhadap aktivitas dan hasil belajar IPS materi
Kerjasama Internasional Siswa Kelas
IX A SMPN 1 Rowokangkung.