JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendiskripsikan proses pembelajaran kooperatif model Cooperative Script yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pokok bahasan Irisan Kerucut pada siswa kelas XI MIA II SMA Negeri 2 Lumajang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar observasi, tes hasil belajar, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh dari data hasil observasi aktivitas siswa dan data hasil tes belajar siswa. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script yang diterapkan pada siswa kelas XI MIA II dengan Standar Kompetensi menentukan bentuk umum persamaan parabol, elips dan hiperbol s dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Pada siklus I, persentase keberhasilan aktivitas belajar siswa sebesar 85% dan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 73,33%  yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yang diharapkan yaitu 70%. Sedangkan, pada siklus II persentase aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 100%, begitu juga persentase ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 90% dengan kriteria keberhasilan baik sekali

Keyword

Cooperative Script, keaktifan, hasil belajar
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak