Tujuan
penelitian ini yaitu mendiskripsikan proses pembelajaran kooperatif model Cooperative Script yang dapat
meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pokok bahasan Irisan Kerucut pada
siswa kelas XI MIA II SMA Negeri 2 Lumajang. Jenis penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah lembar validasi, lembar observasi, tes hasil belajar, catatan lapangan
dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh dari data hasil observasi aktivitas
siswa dan data hasil tes belajar siswa.Penerapan
Model Pembelajaran Cooperative Script yang diterapkan pada siswa kelas XI MIA
II dengan Standar Kompetensi menentukan bentuk umum persamaan parabol, elips dan hiperbol s dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.
Pada siklus I, persentase keberhasilan aktivitas belajar siswa sebesar 85% dan
persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 73,33% yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan
klasikal yang diharapkan yaitu 70%. Sedangkan, pada siklus II persentase
aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 100%, begitu juga persentase
ketuntasan belajar siswa meningkat sebesar 90% dengan kriteria keberhasilan
baik sekali