JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Keterampilan Menyimak Berita siswa kelas IX-D SMP Negeri 1 Kedungjajang masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa tentang surat resmi. Kurangnya pemahaman pada aturan-aturan yang ada dalam penulisan surat resmi, terutama dalam hal kebahasaan dan ejaan menyebabkan siswa sulit menulis surat resmi dengan maksimal. Disamping itu kurang tepatnya pendekatan dan metode yang digunakan penulis juga mempengaruhi rendahnya keterampilan siswa dalam menulis surat resmi. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyimak berita menggunaan media audio-visual dengan teknik dengar-jawab, (2) mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa dalam menyimak berita, setelah penggunaan media audio-visual  dengan teknik dengar-jawab. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-D SMPN 1 Kedungjajang kabupaten Lumajang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Penelitian ini menggunakan dua teknik pengumpulan data, yaitu teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui perhitungan dari masing-masing siklus kemudian dibandingkan antara hasil siklus I dengan hasil siklus II. Hasil ini akan memberikan gambaran mengenai persentase peningkatan keterampilan menyimak berita menggunakan media audio-visual dengan teknik dengar-jawab. Teknik nontes yang digunakan lembar observasi yang digunakan untuk mengumpulkan data berkaitan perubahan perilaku siswa dalam penelitian. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif, teknik kuantitatif dipakai untuk menganalisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes menyimak berita pada siklus I dan II. Berdasarkan hasil penelitian, keterampilan menyimak berita siswa kelas IX-D SMP Negeri 1 Kedungjajang lebih meningkat setelah menggunakan pembelajaran media audio-visual dengan teknik dengar-jawab. Rata-rata skor pada siklus I menunjukan peningkatan dibandingkan dengan rata-rata skor pada prasiklus 55,20 menjadi 62. Rata-rata skor yang dicapai pada siklus II sebesar 75,20, ini menunjukan peningkatan sebesar 6,8% dari prasiklus ke siklus I, dan pada siklus I ke siklus II meningkat 4,8%. Perubahan perilaku siswa yang tampak dalam setelah pembelajaran menyimak berita menggunakan media audio-visual dengan teknik dengar-jawab, yaitu mengalami perubahan kearah positif. Perubahan yang terjadi, yaitu: siswa merasa senang dan tertarik dengan pembelajaran menyimak berita, sebagian besar siswa sangat antusias dalam menyimak berita, siswa menjadi lebih aktif mengikuti pembelajaran menyimak berita

Keyword

Keterampilan menyimak berita,media audio-visual,teknik dengar-jawab
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak