JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: Apakah Layanan Informasi format klasikal dengan metode bercerita tentang gambar dapat meningkatkan keberanian siswa bertanya di kelas VIII A SMP Negeri 1 Ambulu Jember. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: untuk meningkatkan keberanian siswa bertanya dari 33 % menjadi 66 % melalui layanan Informasi format klasikal dengan metode bercerita tentang gambar di kelas VIII A SMP Negeri 1 Ambulu Jember semester Genap Tahun Pelajaran 2013-2014. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri 4 tahapan yaitu : Perencanaan, pelaksanaan, Observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Ambulu Jember kelas VIII A  sebanyak 36 siswa. Data yang diperoleh berupa data dari hasil observasi perilaku siswa pada jam pelajaran berlangsung, angket (pertanyaan tentang kebiasaan siswa saat mengikuti pelajaran, apakah berani bertanya atau tidak), dan dokumentasi. Dari hasil analis didapatkan bahwa keberanian siswa bertanya mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I 48% (17 siswa) dan siklus II 78 % ( 28 siswa). Simpulan dari penelitian ini adalah layanan informasi format klasikal dengan metode bercerita tentang gambar dapat meningkatkan keberanian siswa bertanya pada saat proses layanan informasi dilaksanakan dan atau pada saat proses belajar mengajar di kelas VIII A SMP Negeri 1 Ambulu pada semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014

Keyword

Layanan Informasi, Format Klasikal, Metode Bercerita tentang Gambar, Keberanian Bertanya
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak