Model pembelajaran Inquiry Free Discovery adalah
pembelajaran yang berpusat pada pengalaman siswa yang menekankan pada proses inquiry (meneliti) dan discovery (penemuan).
Peneliti mencoba menggunakan model pembelajaran Inquiry Free Discovery yang
memiliki kelebihan yaitu memberikan kebebasan kepada siswa untuk menemukan
sendiri permasalahan dan mencari sendiri penyelesaiannya tanpa terpaku dengan
permasalahan yang diberikan oleh guru, atau biasanya disebut model inkuiri
terbimbing. Oleh sebab itu, dalam mempelajari mata pelajaran Ekonomi tidak
hanya terpaku pada model pembelajaran inkuiri sosial dan inkuiri terbimbing
saja, karena banyak model pembelajaran yang bervariasi yang memiliki tujuan
sama yaitu membentuk siswa untuk lebih aktif dalam belajar. Penelitian ini merupakan quasy
experiment dengan model pretest-postest nonequivalent control group
design. Populasi penelitian ini
adalah kelas VIII SMP Negeri 9 Malang. Teknik pengambilan sampel adalah
teknik purposive sampling. Sampel
yang terpilih adalah siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol yang menerapkan
model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen
yang menerapkan model pembelajaran inkuiri free
discovery. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji-t
menggunakan independent-sample T test. Hasil penelitian
menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis
antara kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan
kelas eksperimen yang menggunakan model inquiry
free discovery. Hal ini terbukti dengan hasil persentase kemampuan berpikir
kritis pada kelas kontrol tergolong cukup baik sebesar 46,8% sedangkan pada
kelas eksperimen tergolong baik sebesar 62,5%. Sedangkan untuk hasil belajar
Ekonomi menunjukkan adanya perbedaan antara kelas kontrol yang menggunakan
model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas eksperimen yang menggunakan
model inquiry free discovery. Hal ini
terbukti dengan nilai hasil postest pada
kelas eksperimen tebih tinggi dari pada kelas kontrol, rata-rata kelas
eksperimen sebesar 82,81 dan kelas kontrol sebesar 78,16. Dengan demikian,
disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry
free discovery dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil
belajar ekonomi SMP Negeri 9 Malang.
Copyright © 2016 STKIP PGRI LUMAJANG. All Right Reserved.