Abstrak: Teorema
Pythagoras menyatakan bahwa panjang sisi miring kuadrat suatu segitiga
siku-siku sama dengan jumlah kuadrat panjang sisi-sisi yang lain. Berdasarkan
hasil penelitian oleh Kurniawati, diketahui siswa sering mengalami kesalahan
konsep dalam belajar Teorema Pythagoras. Berdasarkan hasil wawancara yang
dilakukan dengan guru matematika SMP, didapat bahwa kegiatan pembelajaran
dengan menggunakan media interaktif dapat menarik minat siswa karena media yang
bersifat interaktif dapat berinteraksi langsung dengan mereka. Oleh karena itu,
dikembangkan media pembelajaran berbantuan komputer yang dapat berinteraksi
dengan siswa untuk materi Teorema Pythagoras. Model pengembangan yang digunakan
diadopsi dari prosedur penelitian Brog dan Gall yang terdiri dari: (1)
melakukan analisis kebutuhan produk yang akan dikembangkan, (2) merancang dan
mengembangkan produk awal, (3) melakukan validasi ahli, evaluasi, dan revisi,
(4) melakukan uji coba skala kecil, (5) melakukan evaluasi dan revisi, serta
(6) memproduksi produk. Media pembelajaran berbantuan komputer yang
dikembangkan dinyatakan memiliki kevalidan sangat tinggi oleh ahli materi dan
validator pengguna dengan skor 97,223% untuk ahli materi dan 90,36% untuk
validator pengguna, serta dinyatakan memiliki kevalidan tinggi oleh ahli media dengan
skor 76,389%. Berdasarkan hasil pengembangan, diharapkan media yang
dikembangkan dapat membantu kegiatan belajar siswa. Bagi peneliti yang lain,
diharapkan adanya pengembangan lebih lanjut mengenai media berbantuan komputer
untuk Teorema Pythagoras dan pengembangan media untuk materi matematika yang
lain.
Copyright © 2016 STKIP PGRI LUMAJANG. All Right Reserved.