JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER MATERI TEOREMA PYTHAGORAS SISWA SMP KELAS VIII

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
BERBANTUAN KOMPUTER MATERI TEOREMA PYTHAGORAS SISWA SMP KELAS VIII
Volume 8 - No 1
Tahun Publikasi: Maret 2018
Yulia Izza El Milla1), Eka Resti Wulan2)
Download Artikel

Abstract

Abstrak: Teorema Pythagoras menyatakan bahwa panjang sisi miring kuadrat suatu segitiga siku-siku sama dengan jumlah kuadrat panjang sisi-sisi yang lain. Berdasarkan hasil penelitian oleh Kurniawati, diketahui siswa sering mengalami kesalahan konsep dalam belajar Teorema Pythagoras. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru matematika SMP, didapat bahwa kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media interaktif dapat menarik minat siswa karena media yang bersifat interaktif dapat berinteraksi langsung dengan mereka. Oleh karena itu, dikembangkan media pembelajaran berbantuan komputer yang dapat berinteraksi dengan siswa untuk materi Teorema Pythagoras. Model pengembangan yang digunakan diadopsi dari prosedur penelitian Brog dan Gall yang terdiri dari: (1) melakukan analisis kebutuhan produk yang akan dikembangkan, (2) merancang dan mengembangkan produk awal, (3) melakukan validasi ahli, evaluasi, dan revisi, (4) melakukan uji coba skala kecil, (5) melakukan evaluasi dan revisi, serta (6) memproduksi produk. Media pembelajaran berbantuan komputer yang dikembangkan dinyatakan memiliki kevalidan sangat tinggi oleh ahli materi dan validator pengguna dengan skor 97,223% untuk ahli materi dan 90,36% untuk validator pengguna, serta dinyatakan memiliki kevalidan tinggi oleh ahli media dengan skor 76,389%. Berdasarkan hasil pengembangan, diharapkan media yang dikembangkan dapat membantu kegiatan belajar siswa. Bagi peneliti yang lain, diharapkan adanya pengembangan lebih lanjut mengenai media berbantuan komputer untuk Teorema Pythagoras dan pengembangan media untuk materi matematika yang lain.

 

Kata Kunci: Media Berbantuan Komputer, Media Interaktif, Pengembangan, Teorema Pythagoras

Keyword

jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak