JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Abstrak: Salah satu bahan ajar yang dapat memudahkan siswa dalam belajar matematika adalah student’s worksheet. Dalam pembelajaran bangun ruang di kelas bilingual, terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antarsiswa khususnya dalam menyelesaikan masalah kontekstual.  Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan Realistic Mathematics Student’s Worksheet pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP bilingual Kelas VIII. Pengembangan dilakukan berdasatkan model pengembangan oleh Tjeerd Plomp. Berdasarkan hasil analisis pengembangan, student’s worksheet dinyatakan dalam kriteria valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian student’s worksheet yang telah dikembangkan layak digunakan sebagai suatu sumber belajar dalam pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa SMP bilingual. Untuk penelitian selanjutnya perlu didalami tentang kesulitan siswa dalam memahami konsep atau menerapkan konsep bangun ruang sisi datar, khususnya dalam pembelajaran matematika realistik.

 

Kata Kunci: Matematika Realistik, Student’s Worksheet

Keyword

jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak