Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi dan pemahaman siswa terhadap teks Bahasa Inggris berbasis pendidikan
karakter di SMKN Kota Banjarmasin. Penelitian ini berjenis deskriptif dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan
kuantitatif. Sampel penelitian adalah 40 orang siswa kelas XI
dari Program Keahlian Akuntansi/ Keuangan SMKN 1
Banjarmasin dan 40 orang siswa kelas XI dari Program Keahlian Pekerjaan Sosial SMKN 2 Banjarmasin. Instrumen yang
digunakan untuk mengambil data berupa kuesioner dan tes tertulis. Berdasarkan
analisis hasil kuesioner yang
diambil di dua SMK tersebut, diketahui bahwa rata-rata 55% siswa memberikan persepsi positif terhadap pembelajaran teks Bahasa Inggris berbasis pendidikan
karakter, 64% setuju bila materi pembelajaran teks Bahasa Inggris berbasis
pendidikan karakter diberikan di sekolah dan dihubungkan dengan kehidupan
sehari-hari, serta 57% siswa setuju bahwa pembelajaran pendidikan karakter akan
membantu mengembangkan attitude. Selain
itu, hasil tes tertulis menunjukkan bahwa 56% siswa berada di level rata-rata
dalam hal tingkat pemahaman mereka akan teks Bahasa Inggris berbasis pendidikan
karakter. Hal ini mengindikasikan bahwa banyak faktor yang mempengaruhi pemahaman
siswa dalam kegiatan membaca teks Bahasa Inggris. Penelitian ini menyimpulkan
bahwa penting bagi siswa SMKN untuk melatih diri memiliki sikap positif
mempelajari berbagai jenis teks bahasa Inggris yang nantinya dapat memberikan
kontribusi bagi mereka dalam dunia kerja.
Kata Kunci: pemahaman,
pendidikan karakter, persepsi, teks Bahasa Inggris
Copyright © 2016 STKIP PGRI LUMAJANG. All Right Reserved.