JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Desain penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan guru matematika kelas VIII Mts As?adiyah No. 1 Belawa tahun pelajaran 2014/2015. Hasil tes evaluasi siklus I belum tercapai karena belum sesuai dengan indikator keberhasilan yang diharapkan. Siswa yang mendapat nilai ? 75 atau tuntas belajar ada 12 siswa sedangkan yang tidak tuntas belajar ada 8 siswa dengan skor rata-rata 74,50 dan presentase banyaknya siswa yang tuntas belajar 60%. Sedangkan hasil tes evaluasi siklus II bahwa siswa yang mendapat nilai ? 75 atau tuntas belajar ada 18 siswa dan yang tidak tuntas belajar ada 2 siswa dengan skor rata-rata 81,75 presentase banyaknya siswa yang tuntas belajar 90% sehingga sudah memenuhi indikator keberhasilan meskipun begitu, penelitian ini tetap dilanjutkan ke siklus III untuk mengetahui apakah  keberhasilan dari siklus III sama dengan siklus II. Pada siklus III siswa yang mendapat nilai ? 75 atau tuntas belajar ada 20 siswa skor rata-rata 84,00 dengan presentase banyaknya siswa yang tuntas belajar 100% sehingga dapat dikatakan bahwa hasil dari siklus III semakin meningkat dari siklus II. Dari hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan pemberian tugas terstruktur disertai umpan balik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII Semester II MTs As?adiyah No. 1 Belawa tahun pelajaran 2014/2015

Keyword

Tugas Terstruktur, Umpan Balik, Hasil Belajar
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak