JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

 Rendahnya minat baca yang ditunjukkan dari hasil analisis UNESCO serta didukung dengan hasil penelitian menyebutkan bahwa minat baca serta literasi saintifik mahasiswa yang masih rendah. Hasil observasi yang telah dilaksanakan pada 43 mahasiswa kelas C angkatan 2015 Prodi Pendidikan Matematika UMM menyebutkan bahwa hanya 4 dari 43 mahasiswa yang gemar membaca. Membaca merupakan salah satu unsur dalam literasi saintifik. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan penelitian yang akan dilakukan adalah meningkatkan literasi saintifik mahasiswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis penelitian (research). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini, jenis yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa hasil analisis menunjukan bahaw diperoleh nilai  dan nilai tersebut kurang dari  yang berarti rata-rata literasi sain pada siklus 1 dan 2 tidak identic atau berbeda. Sedangkan rata-rata respon pada siklus 1 adalah 53.36 dan pada siklus adalah 63.36 sehingga dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan literasi saintifik mahasiswa dengan menggunanak pembelajaran berbasis penelitian

Keyword

Literasi Saintifik, Pembelajaran Berbasis Penelitian
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak