JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

PEMAHAMAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP PGRI LUMAJANG TERHADAP DEFINISI FUNGSI

PEMAHAMAN MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP PGRI LUMAJANG TERHADAP DEFINISI FUNGSI
Volume 8 - No 2
Tahun Publikasi: September 2018
Yulia Izza El Milla, Eka Resti Wulan
Download Artikel

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pemahaman definisi fungsi mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika STKIP PGRI Lumajang. Penelitian dilakukan kepada 169 partisipan. Diperoleh 15 kategori jawaban definisi fungsi dan hanya 15,98% yang dapat menuliskan definisi fungsi dengan tepat. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman mahasiswa terhadap konsep fungsi masih sangat terbatas. Berdasarkan hasil wawancara, diperoleh bahwa pemahaman subjek mengenai konsep fungsi masih pada pemahaman prosedural, misalnya: uji garis vertikal, aturan, diagram panah, dan relasi. Subjek cenderung menjelaskan konsep fungsi dengan menggunakan representasi mental geometri

Keyword

Definisi, Fungsi, Konsep, Mahasiswa, Matematika, Pemahaman
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak