JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

PEMBELAJARAN BERBASIS SCAFFOLDING UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI ALJABAR MAHASISWA

PEMBELAJARAN BERBASIS SCAFFOLDING UNTUK MENGURANGI MISKONSEPSI ALJABAR MAHASISWA
Volume 8 - No 2
Tahun Publikasi: September 2018
Anis Farida Jamil
Download Artikel

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan pembelajaran berbasis scaffolding untuk mengurangi miskonsepsi aljabar mahasiswa. Penelitian deskriptif kualitatif adalah pendekatan pada penelitian ini. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas dosen, lembar observasi aktivitas mahasiswa, dan lembar tes. Penelitian ini meliputi tahapan studi pendahuluan, perencanaan, dan pelaksanaan. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pembelajaran berbasis scaffolding dimulai dengan pembentukan kelompok heterogen yang dilanjutkan dengan pengerjaan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis scaffolding. Pembelajaran ditutup dengan pemberian tes. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berbasis scaffolding dapat mengurangi miskonsepsi aljabar mahasiswa

Keyword

Miskonsepsi Aljabar, Pembelajaran, Scaffolding
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak