|
Volume 8 - No 2 |
Tahun Publikasi: September 2018 |
Anis Farida Jamil |
Download Artikel |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan pembelajaran berbasis scaffolding untuk mengurangi miskonsepsi aljabar mahasiswa. Penelitian deskriptif kualitatif adalah pendekatan pada penelitian ini. Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas dosen, lembar observasi aktivitas mahasiswa, dan lembar tes. Penelitian ini meliputi tahapan studi pendahuluan, perencanaan, dan pelaksanaan. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pembelajaran berbasis scaffolding dimulai dengan pembentukan kelompok heterogen yang dilanjutkan dengan pengerjaan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis scaffolding. Pembelajaran ditutup dengan pemberian tes. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran berbasis scaffolding dapat mengurangi miskonsepsi aljabar mahasiswa
Keyword
Miskonsepsi Aljabar, Pembelajaran, Scaffolding
Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.
Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.