JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Dalam mengajarkan jaring-jaring kubus ini kita perlu mengubah cara mengajar kita agar pembelajaraan lebih bermakna, lebih menarik sehingga menimbulkan rasa ingin tahu siswa yaitu dengan cara siswa mengalami sendiri, mencari sendiri dan menyimpulkan sendiri apa yang menjadi permasalahan, menekankan belajar matematika pada ‘learning by doing’. Salah satu pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna adalah menggunakan pendekatan realistik. Agar lebih menarik siswa diberi cara mencari jaring-jaring kubus dengan menggunakan pola yang sistematis sebagaimana pola yang ada dalam sepak bola. Sehingga siswa dengan mudah menemukan 11 macam jaring-jaring kubus. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam satu siklus dengan setiap siklus mengandung 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPN 1 Rowokangkung. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif. Dari hasil tes tentang materi jaring-jaring kubus didapatkan bahwa ketuntasan belajar siswa dari satu siklus yaitu sebesar 92,85%  sudah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yang diharapkan yaitu lebih dari 85%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran jaring-jaring kubus dengan pola sistematis dan pendekatan realistik dapat menuntaskan secara klasikal hasil belajar materi jaring-jaring kubus pada siswa kelas VIII A SMPN 1 Rowokangkung.

Keyword

Jaring-jaring Kubus,Pendekatan Realistik,Hasil Belajar
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak