JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Tujuan dari penelitian untuk mengetahui kesulitan mahasiswa dalam menyusun perencanaan pembelajaran Kurikulum 2013 pada matakuliah Micro Teaching. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini yaitu mahasiswa angkatan 2015 sebanyak 18 mahasiswa pada matakuliah Micro Teaching Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Lumajang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Pada pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, mahasiswa cukup mengerti dalam penyusunan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013, namun menurut mahasiswa ada bagian yang sulit untuk dibuat yaitu pendekatan / metode / strategi pembelajaran; dan 2) Dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran, mahasiswa harus menggunakan pendekatan autentik yang dianggap terlalu rumit dan menyusahkan karena banyaknya tuntutan penilaian yang harus dikerjakan, ditambah banyaknya siswa dalam satu kelas. Upaya mengatasi kesulitan dalam menyusun perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 pada matakuliah micro teaching adalah dosen harus menyiapkan buku panduan atau modul terkait perkuliahan micro teaching. Sehingga mahasiswa mudah dalam membuat perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum 2013.

Keyword

Kesulitan, Perencanaan Pembelajaran, Kurikulum 2013
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak