Peranan perguruan tinggi dalam menyediakan suatu wadah yang memberikan
kesempatan memulai usaha sejak masa kuliah sangatlah penting, berwirausaha atau
berbisnis pada saat aktif kuliah, namun yang lebih penting adalah peran perguruan tinggi dalam hal
memotivasi mahasiswanya untuk tergabung dalam forum tersebut. STKIP PGRI
Lumajang merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia yang
menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten dalam
berbagai bidang yang relevan dengan kebutuhan pembangunan dan bermakna bagi
kesejahteran masyarakat serta menyedikan wadah dalam berwirausaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh pendidikan kewirausahaan dalam keluarga dan dalam kampus
terhadap minat wirausaha mahasiswa angkatan 2015 STKIP PGRI Lumajang. Teknik pengumpulan
data dilakukan melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi. Dari hasil
perhitungan SPSS nilai signifikansi X1 terhadap Y (Asym Sig.) = 0.000<0,05; diketahui
Pendidikan Kewirausahaan dalam Keluarga memiliki pengaruh terhadap Minat
Wirausaha. Hal ini ditunjukkan dengan peran keluarga dalam
memberikan dorongan untuk kreatif, nilai signifikansi X1 terhadap Y
(Asym Sig.) = 0.001<0,05;
diketahui pendidikan kewirausahaan dalam kampus dapat mempengaruhi minat
wirausaha. Hal ini ditunjukkan dari kualitas proses
pembelajaran akan berdampak sikap minat berwirausaha. Secara bersama-sama X1,
dan X2 memiliki sig F sebesar 0.000 terhadap Y. Hal ini berarti pendidikan kewirausahaan dalam keluarga dan
pendidikan kewirausahaan dalam kampus secara simultan memiliki pengaruh terhadap minat wirausaha mahasiswa.
Keyword
Pendidikan Kewirausahaan dalam Keluarga,Pendidikan kewirausahaan dalam Kampus,Minat Wirausaha