Penelitian
ini didasari karena kebiasaan siswa memainkan handphone saat proses pembelajaran. Dengan memanfaatkan kebiasaan
siswa dan fokus pada teknologi dalam bidang pendidikan, maka digunakan media
pembelajaran yang mudah dan efisien yaitu Google
Form. Selain memainkan handphone, siswa
juga menunjukkan sikap yang pasif. Untuk mengatasi sikap pasif siswa,
diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa. Salah
satunya model pembelajaran kooperatif tipe Think–Pair–Share
(TPS). Penggunaan media Google Form dapat
menyediakan platform yang memfasilitasi kegiatan TPS. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan media pembelajaran Google Form yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
matematika siswa kelas IXA
SMPN 1 Rowokangkung Tahun
Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian PTK yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya
terdiri dari 4 tahap yaitutahap
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian yaitu
siswa kelas IXA SMPN 1 Rowokangkung. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa aktivitas
belajar meningkat dari kategori cukup aktif menjadi aktif dengan peningkatan
sebesar 22,7% . Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan
sebesar 15%.