JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Penelitian ini didasari karena kebiasaan siswa memainkan handphone saat proses pembelajaran. Dengan memanfaatkan kebiasaan siswa dan fokus pada teknologi dalam bidang pendidikan, maka digunakan media pembelajaran yang mudah dan efisien yaitu Google Form. Selain memainkan handphone, siswa juga menunjukkan sikap yang pasif. Untuk mengatasi sikap pasif siswa, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa. Salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe Think–Pair–Share (TPS). Penggunaan media Google Form dapat menyediakan platform yang memfasilitasi kegiatan TPS. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan media pembelajaran Google Form yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IXA SMPN 1 Rowokangkung Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTK yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap yaitu  tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian yaitu siswa kelas IXA SMPN 1 Rowokangkung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar meningkat dari kategori cukup aktif menjadi aktif dengan peningkatan sebesar 22,7% . Ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan sebesar 15%.

Keyword

Think Pair Share,Aktivitas Siswa,Hasil Belajar
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak