Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM)
berbasis strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating,
Transfering) untuk tutorial Statistika Matematika bagi mahasiswa STKIP PGRI
Lumajang, yang valid, praktis dan efektif. Pendekatan pembelajaran dengan
menggunakan LKM berbasis REACT diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar
mahasiswa dan memudahkan mahasiswa dalam memahami konsep Statistika Matematika
serta kemampuan dalam mengerjakan soal-soal dapat meningkat sehingga dapat
meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan
dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian 38 mahasiswa STKIP PGRI Lumajang
Program S1 Pendidikan Matematika yang mengambil mata kuliah Statistika
Matematika. Pengembangan LKM menggunakan tahap Plomp yang terdiri dari (1)
penelitian awal, (2) perancangan, (3) realisasi/konstruksi, (4) tes, evaluasi
dan revisi, dan (5) implementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKM
berbasis REACT yang dikembangkan dalam penelitian ini telah memenuhi kriteria
valid, praktis dan efektif. Lebih lanjut, kepraktisan produk
diperoleh dari lembar keterlaksanaan pembelajaran menggunakan lembar kerja dan
lembar respon mahasiswa diperoleh rata-rata keseluruhan adalah 86,53. Hal ini
menunjukkan bahwa lembar kerja matematika yang dikembangkan memperoleh kategori
praktis. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan dari penggunaan lembar kerja
matematika dilakukan pretes dan postes. Adapun nilai postes mengalami
peningkatan yaitu mencapai 83,87, sehingga dicapai kategori efektif.
Keyword
Lembar Kerja Mahasiswa,REACT,Statistika Matematika