JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) untuk tutorial Statistika Matematika bagi mahasiswa STKIP PGRI Lumajang, yang valid, praktis dan efektif. Pendekatan pembelajaran dengan menggunakan LKM berbasis REACT diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa dan memudahkan mahasiswa dalam memahami konsep Statistika Matematika serta kemampuan dalam mengerjakan soal-soal dapat meningkat sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian 38 mahasiswa STKIP PGRI Lumajang Program S1 Pendidikan Matematika yang mengambil mata kuliah Statistika Matematika. Pengembangan LKM menggunakan tahap Plomp yang terdiri dari (1) penelitian awal, (2) perancangan, (3) realisasi/konstruksi, (4) tes, evaluasi dan revisi, dan (5) implementasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKM berbasis REACT yang dikembangkan dalam penelitian ini telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Lebih lanjut, kepraktisan produk diperoleh dari lembar keterlaksanaan pembelajaran menggunakan lembar kerja dan lembar respon mahasiswa diperoleh rata-rata keseluruhan adalah 86,53. Hal ini menunjukkan bahwa lembar kerja matematika yang dikembangkan memperoleh kategori praktis. Sedangkan untuk mengetahui keefektifan dari penggunaan lembar kerja matematika dilakukan pretes dan postes. Adapun nilai postes mengalami peningkatan yaitu mencapai 83,87, sehingga dicapai kategori efektif.

Keyword

Lembar Kerja Mahasiswa,REACT,Statistika Matematika
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak