Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar
siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IX E SMPN 4 Lumajang semester
Genap tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan desain penelitian
tindakan kelas dalam dua siklus; tiap siklus mencakup empat tahap, yaitu
perencanaan, pelaksanaan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Subyek penelitian
adalah siswa kelas IX E SMPN 4 Lumajang pada semester Genap tahun pelajaran
2018/2019 dengan jumlah subyek penelitian adalah 27 siswa. Instrumen penelitian
berupa (1) lembar observasi motivasi, (2) lembar respon. Teknik analisis data
menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan
digunakannya metode discovery,
motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA mengalami peningkatan.
Pada tahap pratindakan (kondisi awal penelitian), nilai rata-rata siswa secara
klasikal sebesar 74.86 atau memiliki kriteria B (Baik); pada siklus I meningkat
menjadi 77.78 atau memiliki kriteria B (Baik) dan pada siklus II meningkat lagi
menjadi 82.43 atau memiliki kriteria B (Baik). Demikian pula berdasarkan hasil
pengamatan, motivasi belajar setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode discovery berbasis aktivitas pada siklus
II mengalami peningkatan, yaitu aspek penilaian ide atau gagasan sebesar
79.73%, aspek penilaian keaktifan bertanya bertanya atau menjawab sebesar
81.08%, aspek penilaian kerjasama dalam kerja kelompok sebesar 85.81%, aspek
penilaian ketepatan pengumpulan tugas sebesar 88.51%, dan aspek kehadiran sebesar
91.89%.