JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IX E SMPN 4 Lumajang semester Genap tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dalam dua siklus; tiap siklus mencakup empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi (pengamatan), dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IX E SMPN 4 Lumajang pada semester Genap tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah subyek penelitian adalah 27 siswa. Instrumen penelitian berupa (1) lembar observasi motivasi, (2) lembar respon. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan digunakannya metode discovery, motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA mengalami peningkatan. Pada tahap pratindakan (kondisi awal penelitian), nilai rata-rata siswa secara klasikal sebesar 74.86 atau memiliki kriteria B (Baik); pada siklus I meningkat menjadi 77.78 atau memiliki kriteria B (Baik) dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 82.43 atau memiliki kriteria B (Baik). Demikian pula berdasarkan hasil pengamatan, motivasi belajar setelah mengikuti pembelajaran menggunakan metode discovery berbasis aktivitas pada siklus II mengalami peningkatan, yaitu aspek penilaian ide atau gagasan sebesar 79.73%, aspek penilaian keaktifan bertanya bertanya atau menjawab sebesar 81.08%, aspek penilaian kerjasama dalam kerja kelompok sebesar 85.81%, aspek penilaian ketepatan pengumpulan tugas sebesar 88.51%, dan aspek kehadiran sebesar 91.89%.

Keyword

Motivasi belajar,Hasil belajar,metode discovery
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak