JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII MTs

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI GARIS DAN SUDUT KELAS VII MTs
Volume 10 - No 1
Tahun Publikasi: Maret 2020
Anisatur Rofiqoh(1), Lady Agustina(2), Puji Savvy Dian Faizati(3)
Download Artikel

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing yang mampu membantu guru untuk memfasilitasi siswa dalam menemukan kembali suatu konsep dasar materi garis dan sudut. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan yang di kemukakan oleh Borg & Gall. Prosedur penelitian dan pengembangan yang dilakukan meliputi tahap potensi atau masalah, tahap pengumpulan data, desain produk, validasi desain oleh validator, tahap revisi desain, tahap uji coba produk dalam skala kecil, tahap revisi produk, dan tahap produksi massal. Pada tahap uji coba produk yang dikembangkan meliputi: desain uji coba yaitu produk di validasi oleh validator ahli materi yang merupakan terdiri dari satu Dosen Pendidikan Matematika dan satu guru Matematika. Subjek uji coba terdiri dari siswa kelas VII MTs Salafiyah Pandanwangi yang berjumlah 21 siswa. Jenis data dalam penelitian dan pengembangan ini terdiri dari data kuantitatif berupa nilai rata-rata dari lembar validasi, penyebaran angket dan dari nilai evaluasi pembelajaran. Serta data kualitatif berupa wawancara, saran, kritik dan tanggapan dari validator. Instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data berupa angket (kuisioner), pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pengembangan ini, menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing pada materi garis dan sudut yang dihasilkan teruji praktis berdasarkan hasil angket respon siswa dengan rata-rata nilai 90,1%, dan berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan oleh observer dengan rata-rata nilai 78,81%. Serta juga teruji valid oleh validator ahli materi dan validator ahli bahasa dengan rata-rata nilai 84,27%. Serta teruji efektif berdasarkan nilai hasil evaluasi pembelajaran yang mencapai nilai ketuntasan rata-rata 71%.

Keyword

LKS,Inkuiri Terbimbing
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak