Penelitian
dan pengembangan ini bertujuan untukmenghasilkan
produk berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing yang mampu
membantu guru untuk memfasilitasi siswa dalam menemukan kembali suatu konsep
dasar materi garis dan sudut. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan, dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan yang di
kemukakan oleh Borg & Gall. Prosedur penelitian dan pengembangan yang
dilakukan meliputi tahap potensi atau masalah, tahap pengumpulan data, desain
produk, validasi desain oleh validator, tahap revisi desain, tahap uji coba
produk dalam skala kecil, tahap revisi produk, dan tahap produksi massal. Pada
tahap uji coba produk yang dikembangkan meliputi: desain uji coba yaitu produk
di validasi oleh validator ahli materi yang merupakan terdiri dari satu Dosen
Pendidikan Matematika dan satu guru Matematika. Subjek uji coba terdiri dari
siswa kelas VII MTs Salafiyah Pandanwangi yang berjumlah 21 siswa. Jenis data
dalam penelitian dan pengembangan ini terdiri dari data kuantitatif berupa
nilai rata-rata dari lembar validasi, penyebaran angket dan dari nilai evaluasi
pembelajaran. Serta data kualitatif berupa wawancara, saran, kritik dan
tanggapan dari validator. Instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data
berupa angket (kuisioner), pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian
dan pengembangan ini, menunjukkan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis
inkuiri terbimbing pada materi garis dan sudut yang dihasilkan teruji praktis
berdasarkan hasil angket respon siswa dengan rata-rata nilai 90,1%, dan
berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan oleh observer dengan rata-rata nilai
78,81%. Serta juga teruji valid oleh validator ahli materi dan validator ahli
bahasa dengan rata-rata nilai 84,27%. Serta teruji efektif berdasarkan nilai
hasil evaluasi pembelajaran yang mencapai nilai ketuntasan rata-rata 71%.