Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis soal matematika berpikir kritis dengan konten
bilangan, aljabar, geometri, data dan peluang untuk siswa SMP kelas VIII. Paket
tes terdiri dari 10 butir soal uraian untuk mengukur kecakapan berpikir kritis
analisis, interpretasi, evaluasi, inference, dan regulasi diri yang
sudah melalui proses validitas item kepada pakar. Kriteria penskoran
berdasarkan langkah IDEALS (Identify, Define, Enumerate, Analyze, List,
Self-Correct) dengan respon tes
berupa politomus ordinal skor 0 sampai 5. Teknik analisis data yang digunakan
yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan Grade Response Model
(GRM). Proses pengambilan data dilakukan melalui uji lapangan (field
test) dengan subjek penelitian 50 siswa kelas VIII SMPN 1 Lumajang.Dari
hasil analisis diperoleh suatu kesimpulan bahwa hasil
estimasi parameter guessing untuk semua butir soal adalah 0 (nol). Item
soal memenuhi kriteria parameter daya beda dengan kriteria baik dan parameter indeks kesukaran -global
pada selang -3 sampai 3 skala logit dengan
kriteria soal sedang dan sukar. Kriteria sukar berada pada soal dengan
aspek kritis interpretasi topik pecahan dan regulasi diri topik pengukuran
geometris. Total Information Curve (TIC) untuk kalibrasi dengan GRM
menghasilkan tes cukup akurat untuk menaksir peserta dengan kemampuan berpikir
kritis rata-rata dan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru
mampu meningkatkan kemampuan interpretasi matematis dan regulasi diri pada
peserta didik serta penekanan kemampuan dasar topik pecahan dan geometri pada
jenjang SMP dengan mengembangkan soal berpikir kritis dan menganalisa soal
tersebut dengan GRM atau menggunakan
soal yang telah dikembangkan peneliti yang memiliki efek potensial berpikir
kritis rata-rata dan tinggi.