JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

ANALISIS SOAL MATEMATIKA BERPIKIR KRITIS DENGAN GRADE RESPONSE MODEL

ANALISIS SOAL MATEMATIKA BERPIKIR KRITIS DENGAN GRADE RESPONSE MODEL
Volume 10 - No 1
Tahun Publikasi: Maret 2020
Lukman Jakfar Shodiq
Download Artikel

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal matematika berpikir kritis dengan konten bilangan, aljabar, geometri, data dan peluang untuk siswa SMP kelas VIII. Paket tes terdiri dari 10 butir soal uraian untuk mengukur kecakapan berpikir kritis analisis, interpretasi, evaluasi, inference, dan regulasi diri yang sudah melalui proses validitas item kepada pakar. Kriteria penskoran berdasarkan langkah IDEALS (Identify, Define, Enumerate, Analyze, List, Self-Correct) dengan respon tes berupa politomus ordinal skor 0 sampai 5. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan Grade Response Model (GRM). Proses pengambilan data dilakukan melalui uji lapangan (field test) dengan subjek penelitian 50 siswa kelas VIII SMPN 1 Lumajang. Dari hasil analisis diperoleh suatu kesimpulan bahwa hasil estimasi parameter guessing untuk semua butir soal adalah 0 (nol). Item soal memenuhi kriteria parameter daya beda dengan kriteria baik dan parameter indeks kesukaran -global pada selang -3 sampai 3 skala logit dengan kriteria soal sedang dan sukar. Kriteria sukar berada pada soal dengan aspek kritis interpretasi topik pecahan dan regulasi diri topik pengukuran geometris. Total Information Curve (TIC) untuk kalibrasi dengan GRM menghasilkan tes cukup akurat untuk menaksir peserta dengan kemampuan berpikir kritis rata-rata dan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan guru mampu meningkatkan kemampuan interpretasi matematis dan regulasi diri pada peserta didik serta penekanan kemampuan dasar topik pecahan dan geometri pada jenjang SMP dengan mengembangkan soal berpikir kritis dan menganalisa soal tersebut dengan GRM atau menggunakan soal yang telah dikembangkan peneliti yang memiliki efek potensial berpikir kritis rata-rata dan tinggi.

Keyword

Soal,Berpikir Kritis,Grade Response Model
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak