JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar PKn materi NKRI melalui pemberian penguatan pada siswa kelas V SD Negeri Ranuyoso 01 Ranuyoso Lumajang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif, sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai. Hasil analisis didapatkan bahwa skor keaktifan siswa dalam kelompok pada siklus I mencapai 70,8%, siklus II mencapai 79,1%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah dengan pemberian penguatan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran PKn materi pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada siswa kelas V semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 di SD Negeri Ranuyoso 01 Lumajang.

Keyword

Keaktifan Belajar,Pemberian Penguatan
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak