Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar PKn
materi NKRImelalui
pemberian penguatan pada siswa kelas V SD Negeri Ranuyoso 01 Ranuyoso Lumajang Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian
ini merupakan penelitian tindakan (action
research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah
pembelajaran di kelas. Penelitian ini juga termasuk penelitian deskriptif,
sebab menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan
bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai. Hasil analisis didapatkan bahwa skor keaktifan siswa
dalam kelompok pada siklus I mencapai 70,8%, siklus II mencapai 79,1%. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian
ini adalah dengan pemberian penguatan dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam
pembelajaran PKn
materi pentingnya keutuhanNegara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)pada siswa kelas V semester ganjil tahun
pelajaran 2018/2019 di SD Negeri Ranuyoso 01 Lumajang.