JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPA materi getaran, gelombang dan bunyi melalui model Student Teams-Achievment Divisions (STAD) pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Sumbersuko tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pengamatan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Sumbersuko sejumlah 27 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 8 siswa Perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar pedoman observasi, soal dan pedoman dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Teams- Achievment Divisions (STAD) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Sumbersuko tahun pelajaran 2018/2019. Dalam keaktifan siklus I siswa masih cukup baik dalam kaktifan hal ini ditandai dengan hasil keaktifan baru mencapi 1,81. Pada siklus II mengalami peningkatan dari 1,81 menjadi 2,37. Hasil ini masih dikatakan cukup baik karena ? 2,5. Pada siklus III mengalami peningkatan yaitu tingkat keberhasilan mencapai 3,19 artinya pada siklus ini dikatakan berhasil karena ? 2,5. Peningkatan siswa yang tuntas belajar pada siklus I 55,56% siswa tuntas belajar, siklus II 77,78% siswa tuntas belajar dan siklus III 96,29% siswa tuntas belajar.

Keyword

STAD,keaktifan,hasil belajar
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak