Tujuan
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil
belajar IPA materi getaran, gelombang dan bunyi melalui model Student Teams-AchievmentDivisions(STAD)padasiswakelasVIII CSMPNegeri1 Sumbersuko tahun pelajaran2018/2019. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang
masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pengamatan,
observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP
Negeri 1 Sumbersuko sejumlah 27 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan
8 siswa Perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar pedoman observasi, soal
dan pedoman dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Teams- Achievment Divisions (STAD)
dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 1
Sumbersuko tahun pelajaran 2018/2019. Dalam keaktifan siklus I siswa masih
cukup baik dalam kaktifan hal ini ditandai dengan hasil keaktifan baru mencapi
1,81. Pada siklus II mengalami peningkatan dari1,81 menjadi2,37. Hasilinimasihdikatakancukupbaikkarena?2,5.Pada siklus III mengalami peningkatan
yaitu tingkat keberhasilan mencapai 3,19 artinya padasiklusinidikatakanberhasilkarena?2,5.Peningkatansiswayang tuntas
belajar pada siklus I 55,56% siswa tuntas belajar, siklus II 77,78% siswa
tuntas belajar dan siklus III 96,29% siswa tuntasbelajar.