JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang terjadi di SMP Negeri 1 Sumbersuko yang menunjukkan rendahnya asertivitas siswa. Hal tersebut ditunjukkan dengan kecenderungan siswa yang diam pada saat proses kegiatan belajar mengajar, serta siswa tidak berani bertanya tentang materi pelajaran yang belum dipahami. Untuk itu perlu upaya untuk meningkatkan asertivitas siswa salah satunya dengan melaksanakan kegiatan bimbingan kelompok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan asertivitas siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Sumbersuko. Manfaat penelitian ini untuk memberikan sumbangan yang positif bagi pengembangan bimbingan konseling di sekolah. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Sumbersuko. Metode pengumpulan data dengan menggunakan skala psikologi. Berdasarkan Kondisi asertivitas siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok termasuk dalam kategori rendah (54,53%) meningkat menjadi 71,35% termasuk dalam kategori tinggi. Disimpulkan bahwa kegiatan layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan asertivitas siswa. Hal tersebut terlihat pada peningkatan hasil post test sebagai berikut: terbuka 72,73% (kategori tinggi), tidak cemas 71,03% (kategori tinggi), berprinsip kuat 65,76% (kategori sedang), dan tidak mudah dipengaruhi 71,35% (kategori tinggi). Saran bagi siswa diharapkan siswa lebih bisa untuk mengekspresikan perasaanya kepada orang lain, khususnya kepada guru pada waktu proses belajar mengajar, sehingga siswa akan mengerti dan lebih jelas apabila ada sesuatu yang kurang dimengerti.

Keyword

asertivitas,bimbingan kelompok
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak