Berdasarkan
hasil pengamatan hasil belajar siswa kelas I SDN Karanganom 02 Kecamatan
Pasrujambe Kabupaten Lumajang tergolong rendah. Tujuan penelitian ini yaitu
untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN Karanganom 02 Kecamatan
Pasrujambe Kabupaten Lumajang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. PTK dalam penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian dalam penelitian ini yaitu
lembar observasi dan lembar soal tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data
penelitian yaitu observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar
siswa kelas I SDN Karanganom 02 Kecamatan Pasrujambe Kabupaten Lumajang tergolong
meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada
siklus I sebesar 61,43 dan nilai
rata-rata hasil belajar siswa siklus II ialah 85,71. Dalam hal ini, terjadi
peningkatan hasil belajar sebesar 25,15%.