JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Disiplin guru mempunyai peran penting dalam prestasi belajar siswa. Efek dari ketertiban guru dalam pembelajaran mempengaruhi capaian kinerja sekolah secara efektif dan optimal. Kondisi yang ditemukan di SMPN 2 Wlingi pada akhir semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 adalah tingkat disiplin guru dalam proses pembelajaran masih rendah sehingga kontribusi capaian prestasi siswa dalam pembelajaran atau akademik belum optimal. Keterbatasan sarana, prasarana, iklim-budaya, keterlambatan dalam kehadiran dinas, dan interaksi sosial warga sekolah yang kurang kondusif menjadi masalah dalam pencapaian prestasi belajar. Untuk itulah diperlukan layanan bantuan profesional dengan supervisi klinis. Dari hasil analisis data dan berdasarkan refleksi dari pelaksanaan tindakan pada siklus I, dengan tindakan keteladanan kepala sekolah, pemantauan ke seluruh kelas, pemantauan presensi dinas harian, dan kunjungan kelas diperoleh peningkatan kehadiran dinas dan kelengkapan administrasi pembelajaran. Sedangkan dari hasil analisis dan refleksi pada siklus II, dengan hasil tindakan pada siklus I yang ditingkatkan dengan tindakan kunjungan rumah, dialog curah pendapat, pembinaan kolektif dalam rapat, pembinaan khusus pada rapat bidang-bidang tertentu, motivasi kepangkatan, penghargaan pada guru yang berprestasi dan pemberian ucapan serta hadiah ulang tahun pada setiap guru dan karyawan yang berulang tahun pada bulan berjalan di acara rapat dinas dan pembinaan bulanan, diperoleh hasil peningkatan disiplin kerja dari angka penyimpangan disiplin 20% menjadi 0,6%. Peningkatan prosentase kelulusan dan rata-rata nilai hasil UN dari prosentase kelulusan 99,15% dengan rata-rata 6,95 menjadi lulus 100% dengan rata-rata 7,25. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa supervisi klinis yang dilaksanakan oleh kepala sekolah di SMPN 2 Wlingi pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 memberikan kontribusi yang signifikan dalam peningkatan disiplin dan kinerja guru dalam pembelajaran.

Keyword

Peningkatan Disiplin Guru, Supervisi Klinis.
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak