JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Pembelajaran berbasis persoalan menyajikan situasi masalah yang otentik dan bermakna yang dapat memberikan kemudahan kepada siswa untuk melakukan penyelidikan dan inkuiri. Fakta bahwa siswa masih banyak tergantung pada guru sebagai sumber informasi dan masih rendahnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah mendorong perlunya penerapan model atau pendekatan pembelajaran yang memungkinkan adanya pengembangan kemampuan pemecahan masalah pada siswa, yaitu PBI. Penelitian dilaksanakan di Kelas IX B SMP Negeri 4 Jember pada pokok bahasan Peluang. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus, diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran berbasis persoalan mampu: meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran, dan meningkatkan prestasi hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan skor hasil kemampuan pemecahan masalah yang mengalami kenaikan sebesar 17,50%. Selama proses pemecahan masalah pada siklus 1 untuk beberapa indikator yaitu mengidentifikasi permasalahan, membuat desain penyelidikan, mencari data yang relevan, dan menemukan solusi masih berada pada kategori kurang baik. Pada siklus 2 semua siswa melakukan proses pemecahan masalah dalam kategori kurang baik, baik, dan sangat baik. Disamping itu, diperoleh respon positif terhadap pelaksanaan model PBI. Hasil prestasi belajar siswa juga mengalami kenaikan yang cukup tinggi yaitu dari 52,13 menjadi 72,50. Untuk itu dalam pembelajaran matematika atau mata pelajaran yang lain agar siswa meningkatkan kemampuannya dalam pemecahan masalah serta meningkatkan keaktifan belajar serta meningkatkan prestasi hasil belajar siswa dapat diterapkan model pembelajaran berbasis persoalan.

Keyword

Pembelajaran Berbasis Persoalan, Kemampuan Memecahkan Permasalahan
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak