JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Pembelajaran merupakan proses komunikasi, agar pelaksanaannya berjalan efektif diperlukan alat bantu serta penggunaan metode tertentu yang lebih variatif. Idealnya pembelajaran Matematika yang dilakukan guru menggunakan metode tertentu agar proses belajar dan pemahaman siswa lebih optimal. Proses pembelajaran yang dilakukan guru selama ini hanya mentransfer pengetahuan melalui buku-buku dengan cara mencatat dan menerangkan. Pembelajaran yang dilakukan guru belum diupayakan yang berpusat pada siswa. Mencermati berbagai permasalahan tersebut, penelitian tentang pembelajaran kooperatif STAD penting untuk dilakukan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan desain mengacu pada model Kemmis dan Taggart yang meliputi: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Penelitian dilakukan dengan tindakan pada proses pembelajaran materi FPB-KPK melalui kooperatif STAD di kelas V. Upaya ini merupakan suatu solusi yang dapat digunakan untuk menciptakan kondisi pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan. Hasil penelitian tentang pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan proses pembelajaran dari siklus I sebesar 55% menjadi 84% pada siklus II. Hal ini terjadi karena guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran mengacu pada sintaks yang telah ditetapkan dalam program, demikian pula siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran mengikuti pola yang telah ditetapkan oleh guru. Peningkatan juga terjadi pada kemampuan kognitif subjek penelitian, pada siklus I nilai rata-rata 67,17 meningkat menjadi 75,59 pada siklus II. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif STAD dapat menciptakan kondisi pembelajaran kondusif. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian tindakan ini adalah: 1) pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan proses pembelajaran, 2) pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang materi FPB-KPK. Dengan demikian disarankan agar pembelajaran materi FPB-KPK yang dilakukan oleh guru hendaknya berjalan dengan kondusif.

Keyword

Pembelajaran Kooperatif, STAD, Pemahaman Konsep, Proses Belajar.
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak