JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Masalah umum yang terjadi di SMPN 1 Rowokangkung adalah masalah aktivitas dan hasil belajar siswa yang masih rendah. Hal ini disebabkan cara mengajar guru yang cenderung ceramah karena menganggap kemampuan siswa yang rendah dan takut materi tidak akan selesai. Pembelajaran  di kelas IX D SMPN 1 Rowokangkung saat ini masih cenderung menggunakan metode ceramah dimana proses pembelajaran berpusat pada guru. Pada penggunaan metode ceramah hampir tidak melibatkan aktivitas siswa, sehingga siswa menjadi pasif dalam proses pembelajaran. Untuk menumbuhkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Matematika adalah menggunakan pembelajaran aktif. Salah satunya menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW). TTW mendorong siswa untuk berpikir, berbicara, dan kemudian menuliskan suatu topik tertentu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setiap siklus mengandung 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX D SMPN 1 Rowokangkung. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Dari hasil analisis didapatkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan, dari siklus I diperoleh rata-rata persentase aktivitas think sebesar 60,2%, talk sebesar 68,7%, dan write sebesar 69,8%.  Pada siklus II didapatkan rata-rata persentase aktivitas think sebesar 74,3%, talk sebesar 79,7%, dan write sebesar 84,2%. Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (46,2%), siklus II (69,2%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif Think Talk Write dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika Siswa Kelas IX D  SMPN 1 Rowokangkung.

Keyword

Think Talk Write, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak