JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita FPB dan KPK. Kesalahan dalam pengerjaann soal banyak mendapatkan perhatian. Mayoritas siswa yang tidak dapat menyelesaikan soal dalam bentuk cerita FPB dan KPK. Oleh sebab itu, penting bagi seorang guru untuk mengetahui kesalahan siswa dengan cara melakukan analisis, mengetahui penyebab kesalahannya dan mencari  cara untuk mengatasinya. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 37 siswa kelas V MI Al Kawtsar Panti Jember. Instrumen yang digunakan adalah tes dan pedoman wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis yang diperoleh jenis kesalahan siswa meliputi kesalahan membaca soal (13,5%), kesalahan memahami soal ( 32,43%), kesalahan transformasi (40,54%), kesalahan ketrampilan proses (67,56%), dan kesalahan penulisan jawaban akhir (27,02%). Faktor penyebab kesalahan tersebut adalah siswa kurang memahami tentang arti/istilah, kurangnya pemahaman siswa terhadap soal, siswa tidak mengerti dan tidak tahu operasi yang digunakan, kurangnya persiapan siswa saat akan melaksanakan tes dan siswa terburu-buru dalam mengerjakan soal tes.

Keyword

Analisis Kesalahan,Faktor Penyebab Kesalahan,FPB dan KPK
jurnaljp3

Tentang

Jurnal JP3 berisi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa STKIP PGRI LUMAJANG.

Jurnal JP3 dipublikasikan sebanyak dua kali setiap tahun oleh STKIP PGRI LUMAJANG.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi redaksi jurnal.

Arsip

Kontak