Tujuan
dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan
soal cerita FPB dan KPK. Kesalahan dalam pengerjaann soal banyak mendapatkan
perhatian. Mayoritas siswa yang tidak dapat menyelesaikan soal dalam bentuk
cerita FPB dan KPK. Oleh sebab itu, penting bagi seorang guru untuk mengetahui
kesalahan siswa dengan cara melakukan analisis, mengetahui penyebab
kesalahannya dan mencaricara untuk
mengatasinya. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 37 siswa kelas V MI Al Kawtsar
Panti Jember. Instrumen yang digunakan adalah tes dan pedoman wawancara.
Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif yaitu reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis yang diperoleh
jenis kesalahan siswa meliputi kesalahan membaca soal (13,5%), kesalahan
memahami soal ( 32,43%), kesalahan transformasi (40,54%), kesalahan ketrampilan
proses (67,56%), dan kesalahan penulisan jawaban akhir (27,02%). Faktor
penyebab kesalahan tersebut adalah siswa kurang memahami tentang arti/istilah,
kurangnya pemahaman siswa terhadap soal, siswa tidak mengerti dan tidak tahu
operasi yang digunakan, kurangnya persiapan siswa saat akan melaksanakan tes
dan siswa terburu-buru dalam mengerjakan soal tes.
Keyword
Analisis Kesalahan,Faktor Penyebab Kesalahan,FPB dan KPK